Langsung ke konten utama

Pasir dan Batu

Dalam menjalani kehidupan, pasti ada kala kita sedang berada di atas, terkadang juga kita ada di bawah. Kadang pula kita melakukan hal baik, dan terkadang hal yang tidak baik. Namun, pernahkah kalian menyadari setiap perbuatan yang kita lakukan, secara tidak langsung pasti dinilai oleh orang lain dan hasilnya diantara 2 pilihan, apakah itu? Ijinkan saya menjelaskan 2 pilihan itu melalui sebuah cerita.

"Pasir dan Batu" 




A adalah seseorang yang memiliki kepribadian yang kalem, tenang, introvert, pendiam, dan juga baik hati. B adalah seseorang yang tempramental, keras kepala, tipe orang yang bertindak dahulu baru kemudian berpikir. Suatu ketika, A sedang berjalan di sebuah koridor, dan di saat yang sama B berjalan dari arah berlawanan. Karena A kebetulan tidak berjalan sambil mendongak ke bawah, maka ia pun menabrak B. B yang tidak senang dengan A langsung saja mendorongnya hingga tersungkur ke tanah, kemudian langsung pergi begitu saja meninggalkan A.

Setelah kejadian tersebut, A menuju ke pantai dimana ia sering menenangkan diri dan juga menghabiskan waktu disana. Disana, kemudian ia menuliskan kejadian yang baru saja terjadi antara dia dan B di atas pasir. "Dorongan yang menyungkurkan saya ke tanah", demikian yang ditulis olehnya di atas pasir. Setelah menulis kata-kata tersebut, A pergi meninggalkan pantai. Tak lama sesudah A meninggalkan pantai, ombak laut langsung menyapu bersih kata-kata yang tertulis di atas pasir tersebut.

Seminggu kemudian, A sedang berjalan di sebuah ladang, dan alangkah kagetnya dia karena tiba-tiba saja dia terjeblos ke dalam sebuah perangkap yang telah dibuat sebelumnya oleh orang sekitar sana, yang sebenarnya bertujuan untuk menangkap hewan buruan. Terjatuhlah A ke dalam sebuah lubang yang cukup dalam dan dia pun berteriak meminta tolong, namun tidak ada orang di sekitar situ. Namun secara mengejutkan, tiba-tiba ada tangan yang menjulur ke dalam lubang tersebut dan akhirnya A dapat keluar dari perangkap itu. Setelah berhasil keluar dari lubang, A menengadahkan kepalanya ke atas dan mendapati ternyata yang menolongnya adalah B. Tanpa berbicara sepatah kata pun, B langsung meninggalkan A setelah membantunya.

Kembali A menuju pantai, kemudian menuliskan hal yang baru saja terjadi. Kali ini ia menulisnya di atas sebuah batu karang yang ada di sekitar situ. "Pertolongan yang tidak disangka dari orang yang tidak terduga", itulah kata-kata yang ditulis kali ini. Setelah itu A meninggalkan pantai, dan ombak air laut yang menyapu batu karang tersebut menyapu batu karang yang tertulis tulisan A, namun tidak menyapu kata-kata yang ada di atasnya, tetap tertulis dan tidak akan hilang.


Dari cerita di atas yang ingin saya sampaikan adalah, ketika melakukan tanggung jawab kita di kantor, atau pun melakukan kegiatan sehari-hari kita di lingkungan rumah, sekolah, kampus atau dimana pun itu, pasti setiap tindakan yang kita lakukan akan dinilai oleh setiap orang. Seperti apakah kita menilai perbuatan orang lain terhadap kita? Apakah kita akan menulis di atas pasir yang cepat hilang dan tidak diingat, atau menulis di batu karang, yang akan selalu diingat dan terpatri dalam jangka waktu yang sangat panjang? Pilihan selalu ada di tangan kita.

-Michael- 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurassic World, Perfect Nostalgia

Akhirnya setelah 22 tahun Jurassic Park dirilis pada tahun 1993, dan juga 14 tahun setelah Jurassic Park III dirilis pada tahun 2001, film yang dinanti-nanti oleh orang seperti saya muncul juga. Ya, Jurassic World akhirnya diputar di Indonesia mulai tanggal 10 Juni 2015 serempak di seluruh bioskop. WARNING, SPOILER ALERT!

FYI: Perbedaan Mendasar Katolik & Kristen Protestan

Menjadi perdebatan yang akan sangat panjang apabila membicarakan mengapa Katolik dan Kristen Protestan itu berbeda. Banyak sekali yang bertanya, bukankah Katolik dan Kristen Protestan itu sama? Mereka kan memuji Tuhan yang sama, sama sama pergi ke gereja setiap minggunya? Memang kelihatannya "sama", namun sebenarnya Katolik dan Kristen Protestan itu mempunyai banyak perbedaan yang signifikan. Berikut ini akan saya paparkan beberapa perbedaan mendasar yang saya kutip juga dari beberapa sumber yang menurut saya terpercaya dan yang selama ini saya pelajari.

Media Sosial dan Realita

Media Sosial merupakan sebuah inovasi dari teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk berbagi dengan sesama, mulai dari foto, video, dan lainnya. Media sosial juga memudahkan para penggunanya untuk dapat saling berinteraksi tanpa harus bertemu satu sama lain, membelah dunia dan juga samudera. Kehadiran media sosial ini juga pastinya akan menghasilkan dampak di dalam masyarakat, baik itu positif maupun negatif. Kira-kira dampak apa saja yang dihasilkan oleh media sosial ini?