Langsung ke konten utama

"Kiamat"

Satu hal yang terbesit apabila mendengar kata "Kiamat" adalah mengerikan. Bayangan kita pasti akan langsung tertuju pada suatu keadaan dimana segalanya hancur, berantakan, tidak beraturan. Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa kiamat pasti akan datang pada suatu saat nanti, yang pastinya tidak bisa kita ketahui kapan. "Kiamat" ini sendiri dipercaya akan terjadi karena umur bumi yang semakin lama semakin tua dan memang sudah saatnya para manusia pindah ke planet lain.


Namun sadarkah kalian bahwa di masa sekarang ini, manusia sendiri lah yang menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup planet bumi ini, dan juga akan menjadi korban pertama dari "kiamat" yang akan terjadi. Gerardo Ceballos, ilmuwan dari University of Mexico, bersama sejumlah ilmuwan lain dari Stanford University, Princeton University, dan Berkeley Institute, melihat data kepunahan hewan bertulang belakang dan mengukur kecepatan kepunahannya berdasarkan temuan fosil. Hasil studi mengungkap bahwa kecepatan kepunahan hewan bertulang belakang mencapai 114 kali lebih tinggi dari normal.

Kecepatan itu sangat tinggi dan menjadi petunjuk bahwa kepunahan massal sedang terjadi. Menurut ilmuwan, sejak tahun 1900, sudah sekitar 400 jenis vertebrata punah. Normalnya, kepunahan sejumlah vertebrata itu membutuhkan waktu sekitar 10.000 tahun.
Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Science Advance minggu ini tersebut, perubahan iklim, polusi, dan deforestasi adalah penyebab utama kepunahan. Manusia adalah pemicunya.



Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa fakta mengerikan tentang Bumi kita yang mungkin kalian belum ketahui:

- Sejak Hari Bumi yang pertama tahun 1970 hingga awal millennium baru, manusia telah membuat peningkatan emisi (gas buang) rumah kaca sebesar 70%.

- Atmosfer bumi sekarang mengandung 40% lebih banyak CO2 dibandingkan dengan di awal Revolusi Industri (1750 - 1850).

- Hutan hujan pernah meliputi 14% dari permukaan bumi. Sekarang hanya tersisa sekitar 6% dan menurut perkiraan para ahli hutan hujan yang tersisa itu akan habis dikonsumsi kurang dari 40 tahun. 1 sampai 1,5 hektar hutan hujan lenyap setiap 1 detik sebagai konsekuensi tragis pembangunan di negara-negara industri dan berkembang.

- Hampir separuh dari semua jenis flora, fauna dan mikro organisme akan musnah atau pasti terancam kepunahan dalam seperempat abad ke depan disebabkan oleh penebangan hutan-hutan hujan.

- Penebangan hutan yang merajalela sekarang ini menyumbang 20% polusi pemanasan global diakibatkan oleh terhambatnya penyerapan kembali CO2.

- Di tahun 2030 sekitar 18% dari gugusan karang laut akan lenyap karena perubahan iklim dan lingkungan. Dalam 2030 ini populasi penduduk dunia akan mencapai 8,3 milyar.

- Tahun 2040 laut di Kutub Utara akan mengalami musim panas yang pertama tanpa es.



Menyeramkan sekali apabila ditelusuri bagaimana "brutal"nya manusia dalam mengeksploitasi sumber daya alam, menebang hutan yang seharusnya menjadi pusat oksigen dunia, dan juga polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan maupun pabrik-pabrik. Sekarang kembali lagi ke pribadi para manusia ini sendiri, apakah mental manusia dapat diperbaiki sehingga mereka sadar akan betapa pentingnya "Go Green" terhadap kelangsungan planet bumi ini. Dimulai dari hal yang kecil saja bisa sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dari bumi maupun makhluk hidup lainnya.

Oleh karena itu, marilah mulai dari sekarang kita lebih sadar diri, lebih peduli terhadap lingkungan sekitar kita, mulailah dari hal yang kecil seperti membuang sampah selalu pada tempatnya. Karena dengan perbuatan yang kecil saja, dapat berdampak sangat besar ke depannya, khususnya untuk bumi kita tercinta ini, agar "Kiamat" tidak terjadi lebih cepat, dan bumi tetap menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali oleh semua makhluk hidup.

-Michael-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurassic World, Perfect Nostalgia

Akhirnya setelah 22 tahun Jurassic Park dirilis pada tahun 1993, dan juga 14 tahun setelah Jurassic Park III dirilis pada tahun 2001, film yang dinanti-nanti oleh orang seperti saya muncul juga. Ya, Jurassic World akhirnya diputar di Indonesia mulai tanggal 10 Juni 2015 serempak di seluruh bioskop. WARNING, SPOILER ALERT!

FYI: Perbedaan Mendasar Katolik & Kristen Protestan

Menjadi perdebatan yang akan sangat panjang apabila membicarakan mengapa Katolik dan Kristen Protestan itu berbeda. Banyak sekali yang bertanya, bukankah Katolik dan Kristen Protestan itu sama? Mereka kan memuji Tuhan yang sama, sama sama pergi ke gereja setiap minggunya? Memang kelihatannya "sama", namun sebenarnya Katolik dan Kristen Protestan itu mempunyai banyak perbedaan yang signifikan. Berikut ini akan saya paparkan beberapa perbedaan mendasar yang saya kutip juga dari beberapa sumber yang menurut saya terpercaya dan yang selama ini saya pelajari.

Media Sosial dan Realita

Media Sosial merupakan sebuah inovasi dari teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk berbagi dengan sesama, mulai dari foto, video, dan lainnya. Media sosial juga memudahkan para penggunanya untuk dapat saling berinteraksi tanpa harus bertemu satu sama lain, membelah dunia dan juga samudera. Kehadiran media sosial ini juga pastinya akan menghasilkan dampak di dalam masyarakat, baik itu positif maupun negatif. Kira-kira dampak apa saja yang dihasilkan oleh media sosial ini?