Langsung ke konten utama

Koloni Baru Manusia di Mars?

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa suatu saat nanti bumi tidak dapat dijadikan tempat tinggal lagi oleh umat manusia. Seperti yang kita ketahui bersama, bumi bisa dibilang sudah "rusak" dan mungkin beberapa puluh tahun lagi tidak dapat dihuni lagi karena pemanasan global. Oleh karena itu, para ilmuwan mulai mencari cara agar kelangsungan hidup umat manusia dapat terjaga, bahkan mencari planet baru yang berpotensi untuk menggantikan planet bumi sebagai tempat tinggal manusia.






Salah satu upaya yang dilakukan para ilmuwan adalah yang didirikan oleh Bas Landsdrop yaitu Mars One. Mars One adalah sebuah organisasi non profit yang berbasis di Belanda, yang mempunyai tujuan untuk mengirimkan astronot pilihan ke planet Mars, yang dipercaya dapat menjadi tempat tinggal baru bagi manusia nantinya.

Bas Landsrop, pendiri Mars One

Mars One sudah direncanakan sejak 2011 silam. Kelayakan ide kemudian diteliti dengan spesialis dan organisasi ahli, yang membahas aspek keuangan, psikologis dan etis itu. Mars One awalnya rencananya diumumkan publik untuk perjalanan satu arah ke Mars pada Mei 2012, dengan rencana nasional untuk misi prekursor robot di awal tahun 2016, dan mengangkut para koloni manusia pertama ke Mars pada 2023. Bahkan, pada tahun 2033 Mars One menargetkan bahwa akan ada 20 pemukim yang akan hidup dalam satu koloni di planet Mars.

Memang terdengar gila, namun para astronot terpilih nantinya akan menjalani perjalanan satu arah. Ya, mereka yang diberangkatkan ke Mars tidak akan kembali ke bumi lagi, dikarenakan kekuatan gravitasi yang kecil di Mars membuat massa otot dan tubuh manusia menyusut, apabila kembali ke bumi, tubuh mereka tidak akan mampu menghadapi gravitasi yang berat di bumi.

Jarak dari Bumi ke Mars sendiri ditempuh dalam waktu enam bulan dan perusahaan tersebut akan membuat program televisi yang diharapkan bisa menghasilkan cukup uang untuk membiayai rencana futuristik tersebut. Dalam periode dua tahun mendatang, calon peserta yang terpilih akan menjalani serangkaian tes untuk menguji kekuatan fisik dan mental mereka.
Penyaringan akan terus berlanjut hingga terpilih 24 orang yang akan mulai diberangkatkan pada 2024.

 Ilustrasi Koloni Manusia di Mars nanti

Terlintas di pikiran saya ketika membaca tentang hal ini adalah apakah mampu manusia melawan alam? Dapat dikatakan ini adalah sebuah kegiatan yang akan merekayasa alam. Bagaimana jika manusia memang tidak dapat melawan sebuah evolusi atau sebuah kepunahan? Sama seperti halnya pada saat zaman dinosaurus, yang memang harus punah dan menciptakan siklus baru dalam kehidupan, yakni manusia. Namun, apapun yang terjadi nantinya, hal ini patut dihargai karena mempertaruhkan nyawa demi kelangsungan keturunan dan kehidupan umat manusia. Mari kita tunggu kelanjutannya bersama!

-Michael-
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurassic World, Perfect Nostalgia

Akhirnya setelah 22 tahun Jurassic Park dirilis pada tahun 1993, dan juga 14 tahun setelah Jurassic Park III dirilis pada tahun 2001, film yang dinanti-nanti oleh orang seperti saya muncul juga. Ya, Jurassic World akhirnya diputar di Indonesia mulai tanggal 10 Juni 2015 serempak di seluruh bioskop. WARNING, SPOILER ALERT!

FYI: Perbedaan Mendasar Katolik & Kristen Protestan

Menjadi perdebatan yang akan sangat panjang apabila membicarakan mengapa Katolik dan Kristen Protestan itu berbeda. Banyak sekali yang bertanya, bukankah Katolik dan Kristen Protestan itu sama? Mereka kan memuji Tuhan yang sama, sama sama pergi ke gereja setiap minggunya? Memang kelihatannya "sama", namun sebenarnya Katolik dan Kristen Protestan itu mempunyai banyak perbedaan yang signifikan. Berikut ini akan saya paparkan beberapa perbedaan mendasar yang saya kutip juga dari beberapa sumber yang menurut saya terpercaya dan yang selama ini saya pelajari.

Media Sosial dan Realita

Media Sosial merupakan sebuah inovasi dari teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk berbagi dengan sesama, mulai dari foto, video, dan lainnya. Media sosial juga memudahkan para penggunanya untuk dapat saling berinteraksi tanpa harus bertemu satu sama lain, membelah dunia dan juga samudera. Kehadiran media sosial ini juga pastinya akan menghasilkan dampak di dalam masyarakat, baik itu positif maupun negatif. Kira-kira dampak apa saja yang dihasilkan oleh media sosial ini?