Langsung ke konten utama

Sepenggal Apresiasi yang Berharga

Kebanyakan dari kita pasti mengharapkan sesuatu atau setidaknya feedback dari orang lain atas hasil karya atau hasil kerja yang kita hasilkan. Bentuk timbal balik yang diharapkan dari masing-masing kita pasti juga berbeda. Namun, menurut saya satu hal yang pasti diharapkan setiap dari kita adalah satu hal, yakni apresiasi atas karya yang kita hasilkan.

Miris adalah ketika kita sudah bekerja sangat keras untuk menghasilkan sesuatu atau sebuah karya atau apapun itu, dimana setiap hasil tersebut mempunyai tujuan yang berbeda-beda, namun saya percaya pastinya akan menimbulkan dampak, baik itu positif maupun negatif, tergantung dari khalayak yang menerima, tidak direspon dengan baik, bahkan mungkin acuh tak acuh.


Sebuah karya lahir dari proses yang menurut saya panjang dan juga rumit. Setidaknya inilah yang saya alami dengan teman-teman saya, yang mencoba untuk membuat sebuah project yang menghasilkan video dengan tujuan menghibur masyarakat.

Mulai dari berembuk soal ide cerita apa yang akan disampaikan, konsep pengambilan gambar, rangkaian kata disusun menjadi sebuah naskah yang dituangkan dalam video tersebut, penentuan peran, proses pengambilan gambar, penyuntingan, sampai pada akhirnya video tersebut disampaikan kepada publik.

Memang proses tersebut terasa begitu menantang dan menarik bagi kami, karena selain kami dapat menyalurkan kegemaran kami dalam bidang ini, juga menuntut kami untuk selalu kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pesan yang ingin kami sampaikan melalui media video ini.

Saya termasuk ke dalam orang yang lebih mementingkan proses daripada hasil yang dicapai, dan saya percaya teman-teman saya juga berpikiran hal yang sama, jadi selama kita mengerjakan hal ini pun kita mempunyai visi dan misi yang sama, yaitu menghibur publik dan juga menghasilkan video dengan kualitas yang jempolan. Oh ya, nama project kami Tjap Djempol, boleh di subscribe channel Youtubenya (promosi dikit).

Kembali ke soal feedback, kami pun pasti mengharapkan sesuatu yang positif. Memang baru 2 video yang kami buat, namun cukup banyak masukan yang didapatkan, mulai dari sudut pengambilan gambar, alur cerita, dan masih banyak lagi. Banyak juga komentar yang bilang kalau video nya garing, ga lucu, dll. Tentunya hal ini kami terima sebagai masukan. Namun, tak jarang juga karena hal inilah kami beradu pendapat, maklum, masing-masing pasti punya ego.

Namun ada satu hal yang mengganjal bagi saya, yakni soal apresiasi. Saya mempunyai sebuah grup WhatsApp yang orang-orangnya bisa dibilang cukup aktif, dan kami sudah kenal cukup lama. Namun ketika saya mengirimkan link video yang kami buat, tidak ada respon apapun, digubris juga tidak. Hanya ada 1 orang yang merespon dengan meng-like postingan saya di LINE. Saya cukup kecewa, karena biasanya mereka sangat aktif dalam merespon sesuatu, namun ketika saya menunjukkan video yang kami buat ternyata hasilnya begini. Maaf curhat btw.

Well, intinya adalah hargailah setiap karya, oleh siapa pun itu, karena bagus jeleknya hasilnya, setiap karya yang dihasilkan melalui proses yang begitu panjang, dengan tujuan yang pastinya positif. Dan terakhir, marilah terus berkarya, jangan sampai batasan-batasan yang ada menghambat kita untuk berkarya, karena yang terbaik adalah apa yang kita miliki.

-Michael-

Komentar

  1. Hasil tidak akan menkhianati prosesnya..

    Key of success adalah kunci keberhasilan, ITU..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurassic World, Perfect Nostalgia

Akhirnya setelah 22 tahun Jurassic Park dirilis pada tahun 1993, dan juga 14 tahun setelah Jurassic Park III dirilis pada tahun 2001, film yang dinanti-nanti oleh orang seperti saya muncul juga. Ya, Jurassic World akhirnya diputar di Indonesia mulai tanggal 10 Juni 2015 serempak di seluruh bioskop. WARNING, SPOILER ALERT!

FYI: Perbedaan Mendasar Katolik & Kristen Protestan

Menjadi perdebatan yang akan sangat panjang apabila membicarakan mengapa Katolik dan Kristen Protestan itu berbeda. Banyak sekali yang bertanya, bukankah Katolik dan Kristen Protestan itu sama? Mereka kan memuji Tuhan yang sama, sama sama pergi ke gereja setiap minggunya? Memang kelihatannya "sama", namun sebenarnya Katolik dan Kristen Protestan itu mempunyai banyak perbedaan yang signifikan. Berikut ini akan saya paparkan beberapa perbedaan mendasar yang saya kutip juga dari beberapa sumber yang menurut saya terpercaya dan yang selama ini saya pelajari.

Media Sosial dan Realita

Media Sosial merupakan sebuah inovasi dari teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk berbagi dengan sesama, mulai dari foto, video, dan lainnya. Media sosial juga memudahkan para penggunanya untuk dapat saling berinteraksi tanpa harus bertemu satu sama lain, membelah dunia dan juga samudera. Kehadiran media sosial ini juga pastinya akan menghasilkan dampak di dalam masyarakat, baik itu positif maupun negatif. Kira-kira dampak apa saja yang dihasilkan oleh media sosial ini?